Profile

Join date: Oct 11, 2022

About

Pantai Base G, Pantai Monumental yanga Elok di Jayapura


Pantai Base G sebagai arah rekreasi ungggulan kota Jayapura, selainnya lokasinya yang masih juga dalam daerah kota, pantai ini juga menyajikan keelokan yang bisa disebutkan jarang-jarang dipunyai beberapa pantai lain di Jayapura. Pantai Base G berada di Samping Barat Kota Jayapura, Papua. Pantai Base G berada sekitaran 10 km dari kota Jayapura dan cuma memakan waktu sekitaran 20 menit perjalanan dari Kota Jayapura untuk sampai ke lokasi pantai ini.


Sebetulnya pantai ini mempunyai nama Pantai Tanjung Riang, tetapi warga lebih mengenalinya dengan panggilan Pantai Base G. Pantai yang berada di teritori Tanjung Riang ini sebagai saksi riwayat Perang Dunia ke II tahun 1944, di mana di saat itu pasukan sekutu membangun pangkalan militer disekitaran teritori pantai ini bernama Base G Camp, pada akhirnya warga seitar mengatakan dengan Pantai Base G. Pantai Base G Papua mempunyai panorama alam yang hebat cantik, masih natural serta asri.


Menurut situs Pesisir.net, Bentangan pasir putih yang halus dengan deburan ombak yang tidak besar, jadikan pantai ini sebagai lokasi yang cocok untuk Anda yang ingin cari ketenangan dan melepaskan semua rasa depresi. Apa lagi bila anda mendatanginya saat pagi hari, sajian ciri khas terbitnya matahari pagi akan menganakemaskan mata siapa saja yang menyaksikannya. Tidak stop sampai disana, air lautnya yang jernih kebiruan akan turut memantulkan keelokan matahari pagi yang warna keemasan.


Dibandingkan dengan pantai yang lain di Kota Jayapura, Pantai Base G mempunyai ombak yang semakin besar karena letak geografisnya langsung bertemu dengan samudra Pasifik. Tetapi tak perlu cemas karena faksi pengurus telah memasangkan pemecah karang sekitaran 1 km dari pantai untuk kurangi besarnya ombak. Dari terlalu jauh kelihatan garis pantai yang panjang dan agak miring sama air yang warna biru. Pantai Base G kelihatan benar-benar cantik dan cantik. Ditambahkan lagi pohon-pohonan hijau yang tumbuh di sekitar pantai, benar-benar sebagai kombinasi keelokan alam yang hebat menakjubkan.


Dengan keelokan yang dijajakan, membuat pantai ini selalu ramai didatangi oleh beberapa pelancong. Selainnya nikmati situasi pantai yang cantik dan nyaman, Anda dapat lakukan beragam kegiatan, antaranya berenang, melingkari pantai dengan perahu, memancing atau menyelam. Disitu ada pondok-pondok dan kursi yang dibuat masyarakat di tempat. Selainnya kursi ada banyak tipe pohon yang tumbuh di pinggiran pantai sebagai peneduh, satu diantaranya ialah pohon keben.


Bila Anda ingin nikmati keelokan Pantai Base G Papua dengan situasi yang lebih sepi dan tenang, karena itu Anda bisa bertandang ke pantai ini saat pagi hari diakhir minggu. Pada sekarang ini umumnya warga Papua sedang jalankan aktivitas beribadah di Gereja dan akan pergi jalanan saat aktivitas beribadah usai. Biaya yang dikenai untuk masuk tempat rekreasi Pantai Base G ini lumayan murah, untuk kendaraan beroda 2 dikenai biaya Rp. 5.000,-* dan untuk kendaraan beroda 4 dikenai biaya Rp. 10.000,-*. Tetapi anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan yang termasuk cukuplah tinggi yakni Rp. 20.000,-* untuk beroda 2 dan Rp. 50.000,-* untuk beroda 4.


Untuk anda yang bertandang ke Jayapura memakai Pesawat akan datang di lapangan terbang Sentani dan bisa meneruskan perjalanan dengan Bis Damri dengan biaya Rp. 50.000,-* sampai kota Jayapura lalu diteruskan memakai transportasi umum dengan biaya Rp. 5.000,- selanjutnya untuk capai pantainya bisa memakai jasa ojek Rp. 10.000,-*, kelihatannya ribet tetapi lebih ekonomis. Agar semakin gampangnya anda bisa sewa kendaraan dengan biaya Rp. 500.000,- untuk sepanjang hari dan tentu saja lebih ringkas karena tak perlu ganti tukar transportasi umum.


Nama Base G menjadi nama yang cukup unik ya untuk suatu pantai, tetapi tahukah Anda kenapa pantai ini dapat disebutkan dengan Pantai Base G? Walau sebenarnya pantai ini namanya Pantai Tanjung Riang.

Menurut narasi riwayat, nama Base G ini dikenali karena dahulunya pantai ini jadi homebase pasukan Sekutu saat Perang Dunia kedua. Pada periode itu, pantai ini jadi titik penghimpunan kemampuan pasukan sekutu untuk berperang dengan pasukan Jepang di Filipina.

Dan, Huruf "G" ini sebagai huruf yang diambil dari status huruf dalam Abjad sebagai posisi ketujuh yakni huruf G. Ini memiliki makna jika tempat ini ialah homebase ke 7 untuk tentara sekutu. Meski begitu, basis besar ke 7 ini hanya tinggal riwayat yang diingat saja.


Karena mempunyai keelokan dan riwayat, karena itu pantai ini menjadi satu diantara tempat wisata bahari di Papua yang cukup terkenal. Maka dari itu,banyak pelancong yang tiba bertandang di pantai ini saat hari biasa atau akhir minggu datang.


Sebetulnya untuk masuk teritori pantai ini lumayan murah yakni dengan dikenai harga ticket masuk dari Rp 5.000 sampai Rp 10.000. Tetapi, karena pantai ini masih diatur oleh warga di tempat, hingga bila Anda bawa kendaraan karena itu harus bayar ongkos parkir yang lumayan mahal.


Ini dipakai oleh warga sebagai imbalan jasa parkir sekalian membuat sarana simpatisan untuk pelancong. Arti, pelancong akan dikenai ongkos parkir kendaraan dengan biaya Rp 20.000 untuk beroda 2 dan Rp 50.000 untuk beroda 4.


Alamat Pantai Base G persisnya ada di Dusun Tanjung Riang, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua.


Bila dari Area Jayapura Utara memiliki jarak sekitaran 10 km. Untuk sampai ke lokasi pantai ini, bisa memakai kendaraan individu seperti mobil atau motor, karena akses-nya sangat gampang seperti Wisata Pulau Sempu.


Anda juga perlu tempuh perjalanan sekitaran 17 menit saja dari kota Jayapura Utara. Yakni dengan ambil jalan Kinsa yang selanjutnya belok ke kiri ke arah jalan M. Yamin. Seterusnya belok ke kiri ke jalan Sujarwo Condronegoro dan belok ke kiri ke jalan Tanjung Riang IV. Perjalanan selanjutnya turuti saja jalan itu karena telah ke arah jalan pesisir.


Tetapi, Jika Anda tiba dan turun di Lapangan terbang Sentani, karena itu harus tempuh perjalanan darat kembali sepanjang 80 menit. Anda dapat pilih akses kendaraan yang hendak Anda pakai dari Lapangan terbang Sentani, seperti ojek, atau taksi dengan biaya yang bermacam.

  • Facebook
  • Instagram
K
KairaRadhika

KairaRadhika

More actions